Saturday, March 10, 2007

Pantangan Merawat Rambut

Merasa punya rambut indah sewaktu masih kecil dulu? Kok sekarang kusut begitu? Hm… coba introspeksi rambut dulu. Cek dulu gimana perlakuanmu sama rambut. Kalau caramu sama seperti di bawah ini, berarti kamu salah besar. (oxy/bs)


Keramas Setiap Hari

Kalau banyak-banyak belajar, kata orang, bisa bikin jadi makin pintar. Tapi, jangan gara-gara memegang prinsip itu, lalu kamu merawat rambut dengan prinsip, "Makin sering dikeramasi, rambut akan makin sehat." Ini salah besar.

Rambut bakal kelihatan makin cantik saat minyak alami dari kulit kepala menyentuh ujung rambut. Itu sebabnya, kebanyakan ahli menyarankan keramas setiap dua atau tiga hari sekali. Nah, kalau kamu pengin ngerasa segar, cukup semprotkan air dingin ke kepala.


Ekor Kuda

Yang dipermasalahkan bukannya mengaplikasikan hairdo bergaya ekor kuda. Tapi, mengikat rambut dengan gaya ekor kuda di tempat yang sama secara terus-menerus.

Helai-helai rambut yang terus diikat cenderung mengalami proses pematahan. Karena itu, gantilah daerah ikatan ekor kudamu. Pindahkan setengah inci lebih tinggi. Lalu, di lain hari cobalah mengikat di daerah lebih rendah. Begitu seterusnya, sehingga rambutmu nggak gampang patah.

Oh ya, kalau memang nggak perlu ikatan yang terlalu ketat, biarkan ikatan tersebut lebih longgar. Selain itu, pakai pengikat rambut yang elastis untuk mengurangi kerusakan rambut.


Terlalu Sering Menyisir

Agar rambut tampak rapi, terus-terusan menyisir rambut dianggap sebagai solusi tepat. Padahal, salah banget tuh! Menyisir rambut dengan frekuensi berlebihan bakal merusak dan mematahkan rambut. Bikin rambut kering lagi. Apalagi kalau rambutmu tipikal gampang rontok, wuih.. bisa berapa helai rambut yang jadi korban gara-gara kamu rajin menyisir rambut.


Kondisioner Berlebih

Kondisioner, memang terbukti bikin rambut makin mulus dan lembut. Kondisioner juga penting untuk membuat rambut jadi sehat. Tapi ingat, berikan pelembab rambut ini secukupnya. Jangan berlebih.

Selain itu, coba cek jenis kondisioner yang kamu pakai. Bila tak perlu dibilas, berarti, kenakan kondisioner ini ketika rambutmu sudah benar-benar kering. Bila harus dibilas, begitu kamu selesai membilas sisa keramas, gunakan kondisioner tersebut. Lalu, jangan lupa membersihkannya hingga benar-benar bersih. Sebab, kalau masih ada yang tersisa, bakal mengendap di kulit kepala dan jadilah ketombe.


Minyak Rambut

Ada beberapa orang yang menutupi ketombe dengan minyak rambut. Tujuannya, agar ketombe tidak tampak, bukan agar ketombe hilang. Padahal, ketombe adalah penyakit radang kulit kepala yang nggak berhubungan sama kekeringan. Jadi, kalau kamu termasuk yang suka menutupi ketombe dengan minyak rambut, hilangkan kebiasaan ini dari sekarang. Sebagai solusi, coba sampo yang mengandung salicylic acid zinc, selenium sulfat dan tar untuk mengurangi ketombe. (*)

No comments: